Kantong Semar ( Nepenthes )

Kantong semar adalah tanaman karnivora yang memakan serangga, ulat dan anak katak. Tanaman ini hidup sebagai carnivora (carnivorous plant) karena hidup di daerah yang minim unsur nitrat dan fosfat. Sebagai carnivora tumbuhan ini menpunyai alat perangkap serangga berupa kantung atau periuk, yang merupakan perubahan bentuk dari ujung
daun. Untuk mencerna mangsanya tumbuhan ini mempunyai enzim pemecah protein atau zat kimia di dalam kantongnya. Sisa-sisa serangga yang dicernanya, dibiarkannya semut-semut memakannya, sehingga antara semut dan kantong semar terjadi simbiosis mutualisme.
Tumbuhan ini juga masih melakukan fotosintesis untuk keperluan zat tepung dan gula yaitu daun pada bagian pangkal batang yang berbentuk pipih dan berwarna hijau.

Kantong semar mempunyai jenis species yang banyak. Tumbuhan ini hidup di daerah hutan hujan tropis, mulai dari dataran rendah, menengah dan tinggi. Kebanyakan tumbuhan ini hidup di Australia bagian utara, asia tenggara dan china bagian selatan. Ada 82 jenis nepenthes dan yang terbanyak jenisnya terdapat di Kalimantan dan Sumatera sebanyak 64 jenis.


Kantong semar 1

Kantong semar 2
Kantong semar 3
Kantong semar 4

Kantong semar 5
Kantong semar 6

Klasifikasi Ilmiah Kantong semar
  Kerajaan : Plantae
Devisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Caryophyllales
Famili : Nepenthaceae
Genus : Nepenthes L.



Kantong semar 7
Kantong semar 8

Kantong semar 9
Kantong semar 10

Bukan bunga

Kantung atau periuk yang berfungsi sebagai perangkap serangga adalah bukan bunga tetapi merupakan perubahan bentuk ujung daun, sedangkan daun pada bagian pangkal batang yang berbentuk pipih dan berwarna hijau masih berfungsi untuk melakukan fotosintesis. Pada bibir kantung mengluarkan bau manis  dan menyengat yang menarik lalat atau serangga yang lain. Di Borneo atau Kalimantan ada kantong semar yang mampu menjebak burung kecil dan tikus kecil. Tidak semua serangga yang bisa dicerna oleh enzim kantong semar, ada sejenis laba-laba yang dapat hidup di dalam kantong semar misal laba-laba Misumenops nepenthicola, karena tubuhnya dilapisi zat khusus anti enzim kantong semar. Kantong semar adalah tumbuhan berumah dua artinya bunga jantan dan betina terpisah pada individu yang berbeda.

Habitat dan Perkembang biakan

Kantong semar hidup di daerah hujan tropis mulai dari dataran rendah, menengah dan tinggi yang minim zat nitrat dan fosfat. Ada yang hidup di tanah dan ada yang sebagi epifit atau merambat pada tumbuhan besar. Terbanyak hidup di Borneo atau Kalimantan.
Perkembangbiakannya dapat melalui generatif atau kawin atau dengan tunas batang. Perkembangbiakan dengan generatif memungkinkan muncul individu baru yang sifatnya menarik. Ini dilakukan para hobiis tanaman ini. Perkembnagbiakan dengan tunas batang akan menghasilkan tumbuhan yang jenisnya sama dengan induknya.

Tanaman Hias

Karena keindahan bentuk kantong semar yang bervariasi mulai dari bentuk dan warna, maka tanaman ini menarik perhatian orang yang hobi mengkoleksi tanaman langka ini sebagai tanaman hias. Hampir di seluruh dunia banyak yang mengkoleksi tanaman kantong semar ini. Dan bahkan hobiis di Amerika ada yang mampu mengawinkan silang sehingga muncul individu hibrid yang sangat menarik.

Simbiosis Mutualisme

Tidak semua serangga dimangsa oleh si kantong semar, laba-laba tertentu dan semut. Antara kantong semar dan semut menjalin kerja sama yang erat dan saling menguntungkan. Semut-semut dibiarkan bebas oleh si kantong semar untuk mengambil sisa-sisa serangga yang dimangsa di dalam kantong atau periuknya. Sehingga di sini semut untung kantong semar ya untung, karena sampah-sampah sisa makanan dalam kantong menjadi bersih.

4 Silakan beri komentar di sini:

  1. blog nya bagus nich .
    bikin meriah , krna ada animation images .
    salut !!

    BalasHapus
  2. sebaiknya kantong semar jgn sampai punah

    BalasHapus